Kelola Sampah Untuk Tingkatkan Kualitas Sosial dan Ekonomi

Home - Bussiness - Kelola Sampah Untuk Tingkatkan Kualitas Sosial dan Ekonomi

Hari Peduli Sampah yang diperingati pada 21 Februari merupakan hari yang biasanya diwarnai dengan berbagai kegiatan sosial pembersihan sampah di tempat wisata atau lokasi pembuangan sampah illegal. Tetapi, masalah sampah bersifat kompleks, melibatkan lingkungan, sosial dan ekonomi. 

Perlu adapeningkatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah secara tertata kini sudah bukan hanya tugas dari pemerintah, namun juga masyarakat. Pentingnya langkah strategis dari pemerintah untuk menyediakan infrastruktur pengelolaan sampah secara tertata rapi juga harus diiringi dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah. Adanya sinergi dari masyarakat dan pemerintah menjadi semakin penting mengingat sulitnya usaha penyelesaian masalah sampah apabila hanya bergantung pada pemerintah dimana berdasarkan penelitian dari The City of London Corporation, diperkirakan Indonesia membutuhkan sekitar 365 triliun rupiah untuk mencapai target nol polusi plastik pada 2040.

Mahalnya biaya pengelolaan sampah, semakin mendorong perlunya inovasi dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah, karena pengelolaan sampah tidak bisa secara terus menerus kembali ke kebijakan penimbunan darat, dikarenakan sulitnya pengelolaan penimbunan yang berkelanjutan dan hijau. Semakin tingginya urgensi pengelolaan berbasis pemanfaatan sampah menjadi usaha yang seharusnya terus didukung, karena tidak hanya akan menguntungkan secara lingkungan namun dapat juga meningkatkan kualitas ekonomi, dan sosial, apabila proses daur ulang dan prosesi pemanfaatan sampah bisa dijadikan barang guna ulang yang bermanfaat seperti tas, atau lainnya. 

Ironisnya hari peduli sampah 2021 yang dirayakan pada hari minggu kemarin menjadi bukti akan pentingnya pengelolaan sampah yang teratur dan tertata secara baik, banjir yang melanda sebagian besar daerah Jakarta dan sekitarnya sudah tidak bisa dianggap sebagai bencana musiman yang berada di luar kendali dari masyarakat dan pemerintah, harus ada aksi terkoordinir dari kedua belah pihak untuk menghadirkan inovasi dan solusi terhadap masalah ini.

#sampah #waste #lingkungan #circulareconomy

M. Kaffi

Share:

Categories

Language