UMG Myanmar Bantu Perkembangan Teknologi Pertanian Indonesia

Aplikasi RiTx pada Februari lalu diluncurkan oleh IMG Idealab yang yang diinisiasi oleh konglomerat Myanmar asal Indonesia (UMG Myanmar), Kiwi Aliwarga. Aplikasi tersebut mengusung tema pertanian.

RiTx sudah tersedia di Play Store dan telah diunduh lebih dari 1000 orang di bulan pertama peluncurannya. Head of Digital Marketing Ritx Indonesia Jefry Pratama mengungkapkan, aplikasi ini diharapkan bisa membantu petani memanfaatkan fitur dan artikel terkait pertanian.

Dengan aplikasi ini, petani dapat memperoleh informasi prediksi cuaca, identifikasi hama, artikel seputar pertanian, forum tanya jawab hingga harga komoditas terbaru. Selain itu RiTx juga memiliki fitur marketplace untuk jual beli bibit, pestisida, dan mesin dengan harga kompetitif.

Target RiTx di tahun 2018 adalah menyebarkan 5000 agen untuk mengakuisisi petani. Nantinya RiTx akan merangkul 250.000 petani. Kemudian untuk memperluas kegiatan akuisisi dan pemasaran, tim RiTx menggelar kegiatan offline dengan mengunjungi petani di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tim RiTx sudah mengumumkan beberapa rencana kedepan. RiTx akan meluncurkan aplikasi mobile versi kedua yang nantinya dilengkapi sejumlah fitur tambahan, seperti laporan panen, fitur chat, dan sebagainya.

Kiwi Aliwarga pada April 2018 mengumumkan akan membangun UMG Center of Excellence di Indonesia. Fasilitas ini diklaim menjadi yang pertama di Indonesia dan akan dibangun di daerah Bangunkerto, Kecamatan Turi, Sleman.

Fasilitas tersebut akan berfungsi sebagai laboratorium berbagai kegiatan penelitian Agro-Biotech, riset alat pertanian, perikanan dan peternakan, dan penelitian terkait teknologi pertanian.

Source: https://dailysocial.id/post/umg-myanmar-agritech-indonesia

Picture’s source: http://kemahasiswaan.uai.ac.id

Link https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2018/02/RiTX-Screenshot.jpg

Share

Leave a Reply