Manfaat Blockchain dalam Perpajakan Indonesia menurut Founder OnlinePajak

Charles Guinot pengusaha asal Prancis yang adalah founder OnlinePajak sedang melirik Blockchain untuk perusahaannya. Blockchain dalam sistem perpajakan di Indonesia adalah sistem database yang berguna untuk mendorong adanya transparansi pengelolaan pajak dan anggaran oleh negara.

Masalah yang ditemukan Guinot adalah kepercayaan dalam penyelenggaraan pajak di Indonesia dan proyek pembayaran yang pelik. Blockchain dipandang dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Oleh karena itu Guinot terus mengamati penerapan teknologi blockchain dan melihat berbagai peluang yang dapat digunakan di Indonesia.

Di masa mendatang mungkin saja wajib pajak diperbolehkan memilih sendiri jalur distribusi ke mana pajak akan disalurkan, misalnya untuk pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Ide Guinot tersebut dapat terwujud apabila penyelenggara pajak mengedepankan integrasi teknologi ke dalam infrastrukturnya, terutama blockchain untuk transparansi sistem.

Untuk merealisasikan rencananya, Guinot telah mengajukan rencama rekonsiliasi pada para stakeholders seperti bank, Kemenkominfo dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Pihak DJP sejauh ini sudah memberikan respon positif, mengingat OnlinePajak dan DJP sudah bermitra sejak 2013. Selanjutnya Guinot akan menjalin rekonsiliasi dengan pihak lain yang terkait dan tetap menyuarakan manfaat dari teknologi Blockchain.

Source: https://id.techinasia.com/blockchain-online-pajak

Picture’s source: https://steemitimages.com/0x0/https://mmc.tirto.id/image/2017/10/02/blockchain–ISTOCK.jpg

 

Share

Leave a Reply